Casey Stoner: Mesin 1000cc Honda Sangat Baik

JEREZ  — Memanfaatkan libur 2 minggu sebelum menghadapi MotoGP 2011 Catalunya, Casey Stoner menguji prototipe Honda di sirkuit Jerez untuk MotoGP 2012, kemarin (17/5).

Sebenarnya Dani Pedrosa ikut dalam test ini, namun dia absen karena cedera. Dua test rider Honda Racing Corporation, Kosuke Akiyoshi dan Shinichi Ito, telah menguji prototipe pada April 2011 di sirkuit Suzuka.
Di Jerez, Shinichi memulai sesi shake down, sebelum Stoner mencobanya pada pukul 11.00 waktu setempat. Dengan cuaca cerah, Stoner melahap 50 putaran (221 km). Sepeda motor prototipe bermesin 800cc ini menggunakan ban lansiran Bridgstone.
Untuk pengujian ini, HRC mengirim beberapa mekanik senior agar bisa bekerja secara erat dengan para ahli rekayasa R&D dan Stoner. Mesin baru berbasis RC212V. Proyek ini dikerjakan 2 tahun lalu ketika regulasi baru MotoGP 2012 diumumkan secara resmi. Mesin baru menggunakan kapasitas 1000cc, dengan maksimal 4 silinder dan maksimal bore 81 mm.
Hal penting bagi mesin baru 1000cc adalah konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dengan tetap memboyong kapasitas tangki 21 liter seperti RC212V 800cc. Untuk menyelesaikan masalah ini Repsol ikut mengembangkan lubrikan dan BBM khusus. Para ahli di Repsol Technology Centre fokus mengembangkan BBM berefisiensi tinggi plus performa maksimal.
“Semuanya berjalan dengan sangat baik. Saya menyambut gembira dapat mengendarai mesin 1000cc kembali. Saya mendapat banyak kesenangan di hari pertama tes. Tidak ada keluhan sejauh ini. Sayangnya, Dani tidak bisa ambil bagian,” kata Stoner. “Saya hanya berusaha mengerti karakter tunggangan saya. Pengereman menjadi titik kuat. Stabilitas di bagian depan sepeda motor ketika menikung sangat baik.”
“Dan tentunya kami ingin mengetahui suplai tenaga dari mesin barunya. Secara umum tidak ada perubahan banyak dalam set up dibandingkan mesin 800cc. Terasa masih sama dan sangat baik,” tutupnya. 

0 komentar:

Copyright © 2012 Dapur Racing.