KEM IMITASI RASA RACING


Barang imitasi atau KW2 biasanya selalu punya kekurangan dibandingkan part orsinal. Maklum saja proses produksi murah meriah jadi andalan part imitasi atau KW2. Ujung – ujungnya sebaiknya sih part tak orisinal tadi dihindari.

Tetapi lain cerita jika menyangkut kem atau camshaft atau noken as. Sebab di pasaran, sobat bisa aja menemui kem imitasi yang malah lebih andal jika digunakan sebagai modal untuk membuat kem korek harian atau racing.

“Aku menemui kem imitasi ada juga yang punya profil lebih bagus ketimbang standart,” Profil lebih bagus yang dimaksud mekanik adalah spek profil imitasi yang dijual di kisarkan harga Rp 50-90 ribu ini bisa jadi modal untuk selanjutnya digarap jadi kem spek korek harian atau pun balap.

“Tinggal bubut base circe kem, buat mengejar lift kem, lalu menata durasinya. Hasilnya profil lebih bagus disbanding standart”.Tentu saja butuh memilih kem imitasi yang tepat sebagai modal kem korek harian atau racing. “Modalnya ya bawa sigmat (jangka sorong). Kita ukur dulu bagian kem yang penting sebagai acuan.

Sebagai salah satu contohnya adalah kem imitasi sebut saja bermerk yy untuk motor Jupiter z. “Ukur dulu tinggi nose terhadap base circle kem.” Untuk kem yang dihargai Rp 90 ribu ini tercatat 25,8 mm.
Di bagian ini kem yy punya spek 21,0 mm. Dua angka itu persis spek kem Jupiter z standart!

Lantas apa yang membedakan dari kem standart ? ”Profil tonjolan disekitar nose-nya (flank) itu. Tampak lebih gemuk dibandingkan standart.”
Artinya, karena gemuk di bagian flank, durasi  jadi gampang ditata. Kem tak perlu ditambal las bila mengejar durasi lama. ”Selain itu jika bagian itu lebih gemuk maka tak hanya profil hasil garapan lebih bagus. Tetapi untuk durasi dan overlap juga gampang diatur. Alhasil, kem imitasi pun bisa berasa Racing.

 KEM STREET PERFORMANCE

 Masih soal merek imitasi yy ini mekanik menunjukan kalau kem buat jupiternya ada yang ready buat dipakai street performance alias korekan harian. ”Spek liftnya sudah 6,5 mm. Durasi intake 295 derajat, durasi exhaust 290 derajat,” ukuran durasi berpatokan lift klep 0,05 mm.
Spek begitu tentu sudah cukup oke buat street performance. “Pokoknya dipasang di kop klep standart, langsung oke. Itu karena profil sudah cukup bagus. Buktinya meski clah klep buang distel 0,20 mm suaranya masih halus. Permukaan profil kemnya pun hardeningnya bagus. 

0 komentar:

Copyright © 2012 Dapur Racing.