Di Estoril, Rossi Tersukses & Stoner Belum Pernah Menang

Jakarta - MotoGP Portugal akan berlangsung akhir pekan ini. Sejumlah catatan terselip terkait dengan balapan yang akan dihelat di sirkuit Estoril tersebut.

Berikut data dan fakta seputar MotoGP Portugal, Minggu (6/5/2012), seperti dilansir oleh situs resmi MotoGP.

25 – Jorge Lorenzo akan merayakan ulang tahun ke-25 pada tanggal 4 Mei 2012, atau bertepatan pada sesi latihan bebas pertama MotoGP Portugal 2012.

14 – Sudah 14 kali MotoGP Portugal dilangsungkan. Yang unik, dua balapan pertama MotoGP Portugal justru digelar di Spanyol. Yang pertama pada 1987 di Jarama dan yang kedua pada 1988 di Jerez. Setelah jeda 11 tahun, MotoGP Portugal kembali pada tahun 2000 di sirkuit Estoril yang juga menjadi tempat balapan sampai saat ini.

5 - Valentino Rossi adalah pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di Estoril, dengan lima kemenangan di kelas primer. Pebalap tersukses berikutnya adalah Toni Elias, Jorge Lorenzo dan Alvaro Bautista yang sudah meraih tiga kemenangan di berbagai kelas.

5 - Honda dan Yamaha masing-masing sudah mengoleksi lima kemenangan di sirkuit Estoril di era four-stroke.

4 - Estoril adalah satu dari empat sirkuit yang ada di kalendar musim ini, yang belum pernah dimenangi Ducati di kelas MotoGP. Tiga lainnya adalah Indianapolis, Le Mans dan Silverstone.

1 – Setelah meraih kemenangan pertamanya di Jerez pada akhir pekan lalu, satu-satunya sirkuit yang belum bisa dimenangi Casey Stoner di kelas MotoGP hanyalah Estoril--Stoner pernah jadi pemenang di Estoril, meski itu terjadi di kelas kelas 250cc saat ia masih membela Aprilia tahun 2005 lalu.

0,002 detik - MotoGP Portugal 2006 dimenangi oleh Toni Elias dengan selisih 0,002 detik dari Valentino Rossi yang finis kedua. Kemenangan dengan jarak 0,002 detik tersebut menyamai rekor selisih finis paling tipis di kelas primer semenjak diperkenalkannya penghitungan waktu elektronik, yang mana juga merupakan selisih kemenangan untuk Alex Criville atas Mick Doohan di Brno pada 1996.

0 komentar:

Copyright © 2012 Dapur Racing.