Tinggal Estoril yang Belum Ditaklukkan Stoner

Akhir pekan lalu, Casey Stoner sudah mewujudkan impiannya untuk mengakhiri paceklik kemenangan di Sirkuit Jerez, Spanyol. Dengan demikian, tinggal satu sirkuit lagi dari total 18 seri musim ini, yang belum bisa ditaklukkan pebalap Repsol Honda tersebut selama kariernya di kelas premier, yaitu Sirkuit Estoril, Portugal.

Nah, Stoner punya peluang untuk menuntaskan rasa penasaran tersebut pada akhir pekan ini. Apalagi, dia sedang berada dalam momentum yang bagus seusai kemenangan mengesankan di Jerez, setelah melibas dua pebalap Spanyol yang difavoritkan jadi pemenang, yaitu pebalap Yamaha Jorge Lorenzo, serta rekan setimnya, Dani Pedrosa.


Kini, Estoril menjadi satu-satunya sirkuit dalam kalender MotoGP yang belum ditaklukkan Casey Stoner selama kariernya di kelas premier.

Stoner pernah merasakan podium utama GP Portugal pada tahun 2005. Tetapi, saat itu pebalap Australia tersebut masih berkompetisi di kelas 250 cc. Sedangkan untuk MotoGP, hasil terbaik yang diraih juara dunia 2007 dan 2011 ini adalah menjadi runner-up pada tahun 2009.

Namun, pekerjaannya untuk akhir pekan ini pasti sangat berat. Stoner, yang kini berada di peringkat kedua klasemen sementara dan terpaut empat poin dari Lorenzo, harus bisa mengatasi rivalnya tersebut, yang memiliki reputasi mentereng di Estoril. Pasalnya, sejak melakukan debutnya di MotoGP pada 2008, Lorenzo tiga kali meraih kemenangan GP Portugal, dan satu kali menjadi runner-up. Juara dunia 2010 ini pun selalu menempati pole position.

Sedangkan untuk rekor total jumlah kemenangan grand prix, Stoner sudah masuk posisi 10 besar dengan raihan 41 kemenangan. Dia hanya tertinggal satu dari Max Biaggi dan Anton Mang. Tetapi, untuk mengejar Valentino Rossi, yang kini berada di posisi kedua, Stoner masih perlu perjalanan panjang karena Rossi sudah meraih total 105 kemenangan.
 

Jumlah kemenangan Grand Prix (semua kelas):

1. Giacomo Agostini 122
2. Valentino Rossi 105
3. Angel Nieto 90
4. Mike Hailwood 76
5. Mick Doohan 54
6. Phil Read 52
7. Jim Redman 45
8. Max Biaggi 42
9. Anton Mang 42
10. Casey Stoner 41


0 komentar:

Copyright © 2012 Dapur Racing.