Honda BeAT, Andalkan Klep Sonic

Klep Honda Sonic dipakai buat kejar durability di Honda BeAT geberan Andri Wibowo yang main di kelas MP7 (matik standar 130 cc). Bahkan, lewat klep ini juga podium utama di ajang MotoPrix seri III region 2 berhasil diinjaknya di Sirkuit Gokart Sentul.

“Pakai klep Sonic, tenaga motor seperti enggak ada drop-nya. Malah di lap 6 keatas, tenaga makin enak. Sementara motor lain mulai drop. Kalau diameter batang sih sama aja, mungkin materialnya yang beda,” kata Andri yang pembalap sekaligus merangkap jadi mekanik di tim Honda Dumasari Bostar INK.

Tapi, buat main di kelas MP7, tentunya diameter klep harus sesuai standar bawaan pabrik. Maka itu, diameter Sonic dibuat jadi 25 mm (in) dan 21 mm (ex).

Klep Sonic yang diandalkan diputar kem berdurasi 262º. Tapi selain itu, dikombinasi lewat kompresi 12,8 : 1. Kompresi ini didapat dari pemakaian blok silinder set Kawahara piston 54,5 mm.

"Kalau standarnya tanpa papas kem, kompresi sudah main di 13,3 – 13,5 :1. Tapi, buat cari aman, dome piston dipapas sedikit-sedikit sampai dapat kompresi 12,8 : 1,” tutup pria 25 tahun itu.

DATA MODIFIKASI
Ban : FDR 90/80-17
Roller : Kawahara 7 gram
Kampas CVT : Kawahara
Sok belakang : YSS Click
Per CVT : Kawahara 1.500 rpm


0 komentar:

Copyright © 2012 Dapur Racing.