JUPITER MX PAKAI PER KOPLING TIGER, TARIKAN MANTAP BROSIST..!

Keras lembutnya pegas atau per kopling berpengaruh pada responsif kampas dan pelat kopling mengembang. Pegasnya keras semakin cepat juga peranti kopling terbebas dan dekapan kopling dan pelat kian kuat, ujungnya tarikannya mantap. Tapi jangan asal keras, tuas kopling anda jadi ikut keras, entakannya juga kasar. Beda kalau itu maunya.

Yamaha Jupiter MX 135  memiliki tinggi per kopling 40,4 mm akan bertambah peformanya jika diganti milik Honda Tiger 2000 yang justru lebih rendah atau 38,30 mm. “Bisa begitu karena ukuran batang pernya lebih tebal atau gemuk dari MX,” kata Chemonk alias Dede, dari Ciomas Motor Sport di Purwakarta, Jawa Barat.

Setelah dicermati ternyata pegas Tiger pada lingkar ulir bagian dalam 12,9 mm. Sementara Jupiter MX lebih banyak dengan 13,25 mm. Ingat ya, itu lingkaran per yang menggulung-gulung, bukan diameter batangnya. 

Dengan memasang per kopling Tiger di Jupiter MX sama seperti memasang per kopling kompetisi, tetapi masih terukur. Menarik tuas kopling nggak sampai berat-berat amat, bisa buat harian. “Reaksi per membebaskan kopling menjadi lebih cepat. Transfer daya pada mesin juga cepat,” kata Wawan Kristiarto dari Abakura Ditra Jaya yang langganan main drag tapi punya bengkel harian.

Sebaliknya jika Tiger aplikasi kampas Jupiter MX maka tarikan di handle kopling akan lebih enteng. Namun berbanding terbalik dengan respon koplingnya. Subtitusi per kopling ini tidak merusak dari segi pemasangan, cara dan posisi pasangnya sama saja. Yang berbeda harga jual, jika MX Rp 7.000 per buah, yang Tiger silakan ditebus dengan Rp 10.000. Untuk satu set kopling membutuhkan 4 buah per kopling.



0 komentar:

Copyright © 2012 Dapur Racing.