Bikin Setang Motor Balap Harus Rombak Adaptor

 Setang motor balap enggak pakai lampu macam bebek Komorod
Konstruksi setang motor bebek dipakai buat balap pasar senggol alias road race memang beda. Dibikin lebih rendah agar posisi pembalap bisa lebih merunduk saat geber motor di trek lurus. Dan tinggi-rendahnya setang, juga tergantung dari adaptor setang atau riser.

“Untuk mengaturnya, bisa lewat cara memanfaatkan dari potongan selongsong penjepit as komstir atau ketebalan riser,” ujar Hasyim Sonedy, mekanik tim Cargloss AHRS Depok.

Karena motor balap posisinya dibikin lebih rendah, otomatis konstruksi kedudukan setang asli motor tidak mungkin bisa dipakai lagi atau bahkan ditanggalkan. Sehingga harus ada di bagian dudukan setang yang memang terpaksa harus dicustom ulang. Terutama pada slongsong pipa pemegang setang tepatnya di atas as komstir.

 Mesti bikin adaptor dari pelat agar posisi setang bisa diatur lebih nyaman buat pembalap
Menurut bapak asli Jogja ini, bagian yang umum dipakai mekanik saat bikin motor balap yaitu cuma pipa sok di bawah pelat dudukan setang aslinya. Pipa itu lalu dipotong dan cuma diambil slongsongnya agar tetap bisa sempurna dijepitkan ke as komstir.

“Slongsong pipa penjepit potongan tadi lantas kemudian disambung pakai las pada pelat yang memiliki ketebalan 6,5 mm dengan dimensi 5 x 8,5 cm sebagai dudukan setang baru. Tapi sebelum dilas, pastikan terlebih dahulu apakah panjang-pendek potongan tadi memang sudah cocok dengan postur joki,” lanjut pria berambut lurus itu.

Begitu slongsong penjepit dan pelat sudah tergabung, langkah berikutnya adalah membuat empat lubang baut untuk pengikat riser atau komponen khusus penjepit setang. Biar posisinya center, pastikan juga kalau lubangnya tidak miring agar baut yang lebih panjang mudah mengikat riser.

 Bisa dipakai cuma selongsong penjepit asli ke as komstir
“Kalau ingin seting ketinggian lewat riser, ada baiknya juga menggunakan dua riser. Cuma salah satu bagian riser yang posisinya di bawah mesti dipotong sesuai keinginan. Lantas riser yang tidak dipotong tadi bisa dipasang di atas untuk mengikat setang,” lanjut pria yang kese hariannya bekerjad di Jl. Tole Iskandar No. 162, Depok atau markasnya AHRS.

Setelah riser dipasang pada adaptor, masih kata Hasyim, batang kemudi punya Yamaha RX-Z tipe pendek lebih banyak dipakai di motor balap. Sebab selain kuat, bentuk setang memang lebih menyudut ke dalam. Mau coba..?   

0 komentar:

Copyright © 2012 Dapur Racing.