Yamaha Jupiter Z, Setingan IndoPrix Juara di MotoPrix

Memasuki ¾ musim kompetisi, gaya balap M. Zaki semakin matang. Makanya, Haris Shakti Mlethis, mekanik muda berbakat ini pun berani mencangkokkan setingan motor ala Indoprix ke Yamaha Jupiter Z pacuan M. Zaki. Tak pelak, pembalap belia ini pun memimpin klasemen sementara di kelas bebek 125 tune up seeded alias MP1.

Hal ini sangat berbeda dengan awal musim lalu. Mekanik tim Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya ini masih membekali setingan motor ala MP3 untuk bertarung di kelas MP1.

Alasannya, ”Zaki masih dalam tahap adaptasi. Belum bisa membawa motor yang powernya besar,” ujar mekanik murah senyum ini. Padahal, saat itu tim yang langganan juara nasional ini masih mempunyai motor cadangan milik Anggi Permana, juara MP yang kini berlaga di IP.

Tapi, makin bertambah jam terbang, performa Zaki makin meningkat. Mlethis pun mengimbanginya dengan menurunkan mesin yang bisa menyemburkan tenaga hingga 25 daya kuda yang biasa dipakai di IP.

Meski begitu, tak asal templok. Ada beberapa penyesuaian dengan karakter sirkuit Motorix yang setengah seri dipentas di trek pendek dan dadakan. Makanya, karakter motor dibikin lembut agar mudah dibawa.

Kok bisa? Logikanya, kan power besar pengendalian susah. Hal ini disiasati dengan kombinasi gigi rasio yang berat pada gigi pertama dan kedua.

Biasanya, Mlethis memakai perbandingan 13/34 dan 16/29 pada motor IP. Tapi, di motor Zaki dibekali rasio 14/34 dan 18/31. Benar. Dengan rasio lebih berat, maka motor lebih jinak. Pembalappun tidak perlu gantung rpm saat masuk tikungan.

Konsekuensinya, tenaga putaran bawah harus padat. Caranya, aliran bahan bakar kudu lebih banyak. Makanya karburator PWK 24 diisi spuyer 118/68.

Aliran kabut bahan bakar pun harus dibuat lebih lancar. Percuma bensin melimpah, tapi jalannya sempit.
Diakali dengan diameter porting dibikin lebih besar. Pada porting atas dibuat 25,5 mm. Sedangkan diameter tengah porting dalam dilebarkan 1 mm, dari 28 menjadi 29 mm.

Kabut bahan bakar ini dipompa piston TDR ukuran 55,25 mm. Piston ini termasuk produk yang baru diluncurkan. “Materialnya baru. Bahannya lebih padat,” tambah pria asli Jogja ini

DATA MODIFIKASI
Ban depan  : FDR
Ban belakang  : FDR
Knalpot   : AHRS
Durasi Kem  : 278 derajat
Lift Kem  : 9,4 mm


0 komentar:

Copyright © 2012 Dapur Racing.