JUPITER MX PAKAI PER KOPLING TIGER, TARIKAN MANTAP BROSIST..!
Keras lembutnya pegas atau per kopling berpengaruh pada
responsif kampas dan pelat kopling mengembang. Pegasnya keras semakin cepat
juga peranti kopling terbebas dan dekapan kopling dan pelat kian kuat, ujungnya
tarikannya mantap. Tapi jangan asal keras, tuas kopling anda jadi
ikut keras, entakannya juga kasar. Beda kalau itu maunya.
Yamaha Jupiter MX 135 memiliki
tinggi per kopling 40,4 mm akan bertambah peformanya jika diganti milik Honda
Tiger 2000 yang justru lebih rendah atau 38,30 mm. “Bisa begitu karena ukuran
batang pernya lebih tebal atau gemuk dari MX,” kata Chemonk alias Dede, dari
Ciomas Motor Sport di Purwakarta, Jawa Barat.
Setelah
dicermati ternyata pegas Tiger pada lingkar ulir bagian dalam 12,9 mm.
Sementara Jupiter MX lebih banyak dengan 13,25 mm. Ingat ya, itu lingkaran per
yang menggulung-gulung, bukan diameter batangnya.
Dengan memasang per kopling Tiger di Jupiter MX
sama seperti memasang per kopling kompetisi, tetapi masih terukur. Menarik tuas
kopling nggak sampai berat-berat amat, bisa buat harian. “Reaksi per
membebaskan kopling menjadi lebih cepat. Transfer daya pada mesin juga cepat,”
kata Wawan Kristiarto dari Abakura Ditra Jaya yang langganan main drag tapi
punya bengkel harian.
Sebaliknya jika Tiger aplikasi kampas Jupiter
MX maka tarikan di handle kopling akan lebih enteng. Namun berbanding terbalik
dengan respon koplingnya. Subtitusi per kopling ini tidak merusak dari segi
pemasangan, cara dan posisi pasangnya sama saja. Yang berbeda harga jual, jika
MX Rp 7.000 per buah, yang Tiger silakan ditebus dengan Rp 10.000. Untuk satu
set kopling membutuhkan 4 buah per kopling.
Numpang tanya mas broo..
BalasHapuskalo jupiter mx lama d tukar kampas koplingnya pake kepunyaan karisma, terus per nya pake per tiger gimana ya tarikannya
Numpang tanya mas broo..
BalasHapuskalo jupiter mx lama d tukar kampas koplingnya pake kepunyaan karisma, terus per nya pake per tiger gimana ya tarikannya