Yamaha Mio Siap Boyong Mobil

Melihat prestasi Yamaha Mio besutan Stevanus Nawir bakal boyong hadiah mobil. Tentu saja bila sanggup meraih poin tertinggi dari semua seri di pentas Day Battle Pertamina-Enduro KYT Drag Bike (DBEKYTDB) garapan Trendypromo Mandira (TM).

Apalagi di seri IV event DBEKYTDB di Jogja lalu, Mio tim Pells Rextor Kawahara ini kembali podium pertama kelas 200 cc dengan catatan waktu 7,64 detik. Ada kesempatan dapat mobil asal menang di seri Sentul nanti.

"Untuk sirkuit dadakan di Jogja kemarin, adopsi piston Tiger oversize 275 (66,25 mm) dengan stroke  57,9 mm itu diseting pakai perbandingan kompresi 13,9 : 1. Agak tinggi memang," ucap Arif Sigit Wibowo biasa dipanggil Pele, sang mekanik.

Setingan segitu oleh Pele dikombinasikan dengan kem yang punya durasi kurang-lebih 276 derajat baik untuk klep in maupun out. “Disuplai karbu Keihin PE 28 yang diremaer jadi 30 mm. Spuyer tepat saat gunakan main-jet 125 dan pilot-jet 42,” jelas brother yang tinggal di Solo, Jawa Tengah ini.

Ubahan mesin gak akan maksimal bila komponen CVT tidak disesuaikan. Untuk trek 210 meter di Jogja, seting rasio jadi 15/ 39.  "Biar nggak kehilangan tenaga di putaran tengah, coba pasang roller Kawahara 8 gram rata juga memangkas bobot magnet sampai 670 gram," imbuh Pele.
Cuma kerena seri akhir dihelat di Sentul, diakui Pele kalau mesin diseting sedikit beda.  Nah, bulan puasa ini adalah waktu yang tepat dimanfaatkan buat susun strategi sekaligus untuk memaksimalkan performa motor garapannya. Ditunggu deh kalau begitu!
DATA MODIFIKASI
Ban depan: Pirelli 120/60-17
Ban belakang : Battlax 140/70-17
Knalpot  : Kawahara K2
Rasio : 15/39

1 komentar:

Copyright © 2012 Dapur Racing.