Rossi dan Ducati Lanjutkan Eksperimen GP12 di Estoril

Tim Ducati bersiap untuk menjalani akhir pekan balapan MotoGP Portugal yang akan dihelat di Sirkuit Estoril. Valentino Rossi bakal kembali melakukan eksperimen terhadap gaya balapnya untuk menyesuaikan diri terhadap settingan baru motor Desmosedici GP12 yang telah dicobanya saat melakoni balapan di Jerez pekan lalu.

Menurut Rossi, settingan baru tersebut memiliki potensi untuk memperbaiki performa dirinya. Ducati juga akan memanfaatkan waktu selama satu hari untuk bergabung bersama pembalap MotoGP lainnya untuk melanjutkan pengembangan motor 1000cc dalam sesi tes di Estoril yang digelar pada Hari Senin pekan depan.

Kemungkinan besar, balapan akhir pekan ini merupakan terakhir kalinya kejuaraan MotoGP singgah ke sirkuit sepanjang 4.182 meter tersebut. Portugal telah sukses menyelenggarakan race MotoGP di Estoril sejak tahun 2000.

Estoril merupakan trek yang menyuguhkan tantangan tersendiri bagi para rider terutama untuk urusan set up motor 1000cc dengan adanya kombinasi salah satu trek lurus terpanjang di kalender MotoGP dan salah satu tikungan paling lambat. Tak hanya itu, trek yang terletak hanya 7 kilometer dari pantai yang berhadapan dengan Samudra Atlantik tersebut dipastikan menghadirkan kondisi cuaca yang berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi.

Valentino Rossi telah memenangkan lima dari dua belas race yang diselenggarakan di Estoril. Sedangkan pada musim lalu, pembalap berusia 33 tahun tersebut mampu finish kelima usai menyelesaikan balapan sepanjang 28 lap.

Valentino Rossi:
“Saya suka trek Estoril yang memilki sejumlah sektor yang sedikit sulit dan cuacanya bisa berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi. Tetapi saya ingin segera balapan di sana. Tahun lalu bersama Ducati, kami menjalani balapan yang lumayan di Portugal dan kami berharap bisa melakukan hal serupa Hari Minggu ini. Rencana kami adalah memakai settingan yang kami pakai saat membalap di Jerez untuk Hari Jumat. Saya pikir settingan tersebut memiliki potensi untuk bekerja lebih lanjut bagi kami. Kita akan lihat apakah kami bisa melangkah ke depan dan memperbaiki hasil yang sudah kami peroleh.”

Vittoriano Guareschi:
“Saya tidak akan terkejut jika kondisi cuaca yang ada di Portugal akan mirip dengan akhir pekan di Jerez. Namun meski kami membalap dengan baik saat hujan di Jerez, kami berharap kali ini cuacanya akan lebih baik yang membuat kami bisa memanfaatkan keseluruhan waktu yang disediakan. GP Estoril akan penting untuk memastikan bahwa kami berada pada jalur pengembangan yang tepat dalam set up motor GP12. Lalu pada Hari Senin kami akan melakukan tes yang dapat kami pergunakan untuk melakukan sejumlah pemeriksaan dalam rangka melanjutkan pengembangan motor tersebut."

0 komentar:

Copyright © 2012 Dapur Racing.