Yamaha Jupiter-Z, Dibekali Per Klep Amerika

Yamaha Jupiter-Z besutan Ridwan De Aji dari Yamaha Solthana NHK Racing Team, Makassar melesat tak terkejar. Melaju meninggalkan satu tikungan di race pertama bebek 125 seeded (MP1), di  Motoprix seri I region 5 di sirkuit ex MTQ  Kendari beberapa waktu lalu. Rahasianya,  motor racikan Anwar Sadat ini dibekali per klep dari Amerika.

Cuma per klep doang? Jangan anggap remeh.  Per klep penting fungsinya di motor 4-tak. Motor 2-tak tidak butuh klep. Mesin 4-tak butuh klep karena untuk dapat menciptakan siklus 4 langkah. Klep yang mengendalikan gas buang dan masuk. Gas masuk di sini adalah campuran pengkabutan bahan bakar dengan udara. Sedangkan gas keluar adalah gas sisa hasil pembakaran di ruang bakar.

Nah, kedua tipe gas ini digerakkan oleh dorongan maju mundur piston yang dilimitasi oleh klep pada kepala silinder. Semakin lancar debit gas buang dan masuk yang tersirkulasi, kinerja mesin semakin baik.

Klep tidak akan bisa membuka dan menutup kalau tidak ada per.  Salah memilih per, motor tak hanya ogah berlari, tapi juga jebol di lintasan. Sudah banyak contohnya.  Per terlalu lembut, bakal bikin klep floating alias bertabrakan. Kan saat langkah buang dan isap ada beberapa derajat yang overlap atau klep buka bareng. Bila terlalu lemas, klep akan terlambat membuka atau menutup, jadilah tabrakan. Krak... putus deh. 

“Sebaliknya, bila terlalu keras, ketika overlap memang tidak berisiko, tapi motor tidak mampu bergasing ke rpm tinggi. Hampir semua mekanik Yamaha pernah mengalami problem ini,” tegas mekanik akrab disapa Aan ini.
Lalu muncul lah per klep Jepang yang terkenal ampuh. Tapi, kemudian pegas ini mulai digantikan oleh per klep dari Amerika. Dibawa oleh One Krisnata yang mengibarkan nama K1.

Tapi, aplikasi per Amrik ini pun tidak bisa langsung. Karena, dari sononya ukurannya 34 mm. Ukuran segini cocok buat Honda Blade.  Dipasang buat Jupiter-Z, jadi terlalu keras dan kem harus kecil. Makanya One Krisnata sedang proses mendatangkan per khusus Jupiter-Z.

“Setelah riset berkali-kali, ketemu ukuran pas buat Yamaha yaitu 32 mm dipadu kem berdurasi 275 dengan lift 9,1 pada in dan 9,2 pada ex,” tegas Aan.

Per klep yang konon berbahan titanium ini diakui mujarab.  Karakternya unik.  Saat dipasang pada klep dan ditekan, per terasa sangat keras. Tapi, saat didial kala seting mesin, terasa ringan.  “Mesin bisa langsung diprediksi. Tenaga pasti rata. Tidak hanya galak di putaran bawah.  Tapi, juga di rpm tinggi,” tambah anak didik Heru Kate ini.

Prinsip kerjanya seperti roda gila. “Agak berat di awal, tapi, awalan yang berat ini mendorong mesin untuk  mencapai rpm 14.500 jadi lebih mudah,” tambah pria kelahiran Pati ini. Makanya, beban mesin pun jadi lebih ringan.  Karena beban mesin lebih ringan, tidak banyak power terbuang. 
 

DATA MODIFIKASI
Piston: Daytona 55,25
Sok : YSS
Karburator: PWK 28
Spuyer: 60/108



2 komentar:

  1. Artikel nya sangat membantu bro ,,
    Buat yang lagi nyari part racing , mampir bro ke blog kita Advie Motor & Website Kita Advie Motor Racing Shop

    BalasHapus
  2. HARI INI KAMI ADAKAN PROMO TERBARU & TERMURA TERBESAR DARI SARTIKA SHOP BERBAGAI TYPE HANPHONE SEPERTI>SAMSUNG>BLACKBERTY>NOKIA>IPHONE>SMARTFREN>LENOVO>ASUS ZENFONE>ADVAN>OPPO>SONY XPERIA>LG>XIOMI>APPEL>LEPTOP ACER>LEPTOP DELL>LEPTOP TOSHIBA>KAMERA CANON>KAMERA NIKON>DLL
    Bagi Yg Berminat Silahkan Hubungi
    Kami Melalui.
    Via Tlpn/ Via SMS / Via BBM :
    PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237

    Cara Order Online Silahkan.
    Isi Forum PemesananSeperti Berikut :
    - Nama Lengkap.
    - Alamat Lengkap.
    - No. Tlpn/HP
    - Kode Pos Daerah Anda.
    - Type Barang.
    - Warna Barang.
    - Jumlah Pesanan.

    Kirim Melalui Via SMS Atau Via BBM.
    PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237
    website:www.sartika-shop.blogspot.com/
    Selamat Berbelanja Dan Terimakasih,,,,

    BalasHapus

Copyright © 2012 Dapur Racing.